Kelas: 9A-9B
Langkah-langkah menggambar grafik fungsi kuadrat:
- Tentukan titik potong dengan sumbu x (nilai y atau f(x) sama dengan 0).
- Tentukan titik potong dengan sumbu y (nilai x = 0).
- Menentukan sumbu simetri
.
- Menentukan titik puncak (
,
) atau hitung nilai puncak y menggunakan substitusi/mengganti nilai x yang diperoleh pada perhitungan nomor 3 ke dalam persamaan f(x).
Empat
langkah diatas sudah dapat digunakan untuk menggambar grafik persamaan
kuadrat, jika perlu bisa menambahkan beberapa titik koordinat bantu. - Nilai
artinya grafik akan terbuka ke atas.
- Nilai
, nilai D > 0 artinya grafik akan memotong sumbu x pada dua titik.
Contoh Soal dan Pembahasan
Gambarlah grafik fungsi kuadrat

Secara sepintas kita akan mengetahui sketsa grafik menggunakan nilai a dan D:

Secara lebih detail, gambarnya dapat dilihat dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
Langkah 1: Tentukan titik potong dengan sumbu x (nilai y atau f(x) sama dengan 0)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[y=0\]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-0937b6950b3529a02b20a304e698250c_l3.png)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[x^{2} - 2x - 8 = 0\]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-a393e40c0045c492c32b4f878d32275a_l3.png)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[(x-4)(x+2) = 0\]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-b716afa24b7086d714acb725b716948b_l3.png)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[x = 4 \textrm{ atau } x = -2\]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-b3af9af68f40738b4ee5412a719973ad_l3.png)

Langkah 2: Tentukan titik potong dengan sumbu y (nilai x = 0)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[y = x^{2} - 2x - 8\]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-a9708a2eadcd958e1210f6917163a66a_l3.png)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[y = 0^{2} - 0 - 8\]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-dea98ae75db14c44fb78f085c8c76306_l3.png)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[y = - 8\]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-bd09804dfd91d1e5ceef296a86f3d993_l3.png)

Langkah 3: Menentukan sumbu simetri

![Rendered by QuickLaTeX.com \[y = x^{2} - 2x - 8\]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-a9708a2eadcd958e1210f6917163a66a_l3.png)





Langkah 4: Menentukan titik puncak (


![Rendered by QuickLaTeX.com \[x = -\frac{b}{2a} = -\frac{-2}{2} = 1\]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-8ee40abfb3e1bddaf4a4383ebad51490_l3.png)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[y=-\frac{b^{2} - 4ac}{4a}=-\frac{(-2)^{2} - 4(1)(-8)}{4(1)} = -\frac{36}{4}=-9\]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-53d6ea347e285b8f8f987b353aa03bd9_l3.png)

![Rendered by QuickLaTeX.com \[y = 1^{2} - 2(1) - 8 \]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-d6b43be09ece993dda5098a3271f64cf_l3.png)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[= 1 - 2 - 8 = - 9\]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-212032dcb7d89d29fc16ccbb7c1e39fb_l3.png)

sumber: https://idschool.net/sma/matematika-sma/cara-menggambar-grafik-fungsi-kuadrat/

Tidak ada komentar:
Posting Komentar