Kelas:8D-8G
SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
SPLDV ini biasanya digunakan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
yang membutuhkan penggunaan Matematika Squad, seperti menentukan harga
suatu barang, mencari keuntungan penjualan, sampai menentukan ukuran
suatu benda seperti masalah Kumamon, lho. Oh iya, seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, terdapat langkah-langkah tertentu untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan SPLDV, yaitu:
- Mengganti setiap besaran yang ada di masalah tersebut dengan variabel (biasanya dilambangkan dengan huruf atau simbol).
- Membuat model Matematika dari masalah tersebut. Model Matematika ini dirumuskan mengikuti bentuk umum SPLDV.
- Mencari solusi dari model permasalahan tersebut dengan menggunakan metode penyelesaian SPLDV.
Nah, karena kamu sudah tahu apa saja langkah-langkahnya, sekarang, ayo kita bantu selesaikan masalah Kumamon, Squad!
Penyelesaian:
- Langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah mengganti semua besaran yang ada di dalam soal dengan variabel. Kita misalkan:
x = panjang tali (dalam cm) dan y = tinggi badan (dalam cm)
- Membuat model Matematika dari permasalahan.
Panjang tali 70 cm lebih pendek dari tinggi Kumamon → x = y - 70 atau -x + y = 70
Dua kali panjang tali 30 cm lebih panjang dari tinggi Kumamon → 2x = 30 + y atau 2x - y = 30
Model Matematika:
Persamaan I : -x + y = 70
Persamaan II : 2x - y = 30
Sampai di sini kamu paham, kan? Nah,
langkah selanjutnya, kita akan mencari nilai x dan y sebagai solusi
dari masalah di atas dengan menggunakan metode penyelesaian SPLDV.
Ternyata, metode penyelesaian SPLDV ini nggak hanya satu Squad, melainkan ada empat macam metode penyelesaian yang akan dibahas di bawah ini. So, simak terus ya!
Terdapat 4 metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan SPLDV, yaitu:
1. Metode grafik
Pada metode grafik, kita akan menggambar
grafik dari dua buah persamaan yang telah kita buat pada langkah
sebelumnya. Cara yang paling mudah untuk menggambar grafik adalah dengan
mencari titik potong terhadap sumbu x dan sumbu y. Berdasarkan contoh di atas, kita dapat menentukan titik potong dari masing-masing persamaan sebagai berikut:
Sehingga, diperoleh titik potong dari
kedua garis yaitu (x,y) = (100,170). Sebelumnya, kita telah memisalkan
panjang tali dengan variabel x dan tinggi Kumamon dengan variabel y.
Jadi, sudah dapat ditentukan nih berapa panjang tali dan juga tinggi si Kumamon itu. Yap! Jawabannya adalah 100 cm untuk panjang tali dan 170 cm untuk tinggi Kumamon.
Bagaimana, mudah kan, Squad? Metode grafik ini biasanya berguna jika nilai koefisien dan nilai konstanta dari persamaannya bukan merupakan bilangan bulat, sehingga lebih baik digambar untuk memudahkan mencari nilai x dan y nya.
2. Metode eliminasi
Metode yang kedua adalah metode eliminasi. Metode ini bertujuan untuk mengeliminasi salah satu variabel untuk mengetahui nilai variabel lainnya. Caranya dapat kamu lihat pada contoh di bawah ini.
Berdasarkan metode eliminasi, diperoleh
nilai x = 100 dan y = 170. Jadi, dapat diketahui kalau panjang tali
adalah 100 cm dan tinggi badan Kumamon adalah 170 cm.
3. Metode substitusi
Metode substitusi bertujuan untuk mengganti nilai suatu variabel di suatu persamaan dari persamaan lainnya. Bingung? Tenang Squad, caranya dapat kamu lihat pada contoh berikut ini:
Berdasarkan metode substitusi, diperoleh
nilai x = 100 dan y = 170. Jadi, dapat diketahui kalau tinggi badan
Kumamon adalah sebesar 170 cm dan tali yang dipakai Kumamon untuk
bermain lompat tali adalah 100 cm.
4. Metode gabunganMetode ini merupakan gabungan dari metode eliminasi dan substitusi. Caranya, kamu dapat menggunakan metode eliminasi untuk mencari nilai x terlebih dahulu, kemudian ganti variabel x dengan nilai x yang sudah diperoleh dengan menggunakan metode substitusi untuk memperoleh nilai y. Paham nggak, Squad? Yuk, kita simak baik-baik caranya pada contoh di bawah ini!
Berdasarkan metode gabungan, diperoleh
nilai x = 100 dan y = 170. Sehingga, dapat diketahui kalau panjang tali
adalah sebesar 100 cm dan tinggi Kumamon adalah 170 cm. Perlu kamu
ketahui kalau metode gabungan ini merupakan metode yang paling banyak dipakai untuk menyelesaikan masalah SPLDV.
Selanjutnya, kita akan mencari tahu
berapa panjang tali yang diperlukan agar Kumamon dapat bermain lompat
tali tanpa harus tersangkut di tubuh gemaynya. Jika kamu membaca kembali contoh soal di atas, maka dapat diketahui kalau setidaknya, tali tersebut harus dua kali lebih panjang
dari ukuran sebelumnya (2x). Jadi, sudah dapat kita ketahui ya kalau
panjang tali yang diperlukan agar tidak tersangkut di tubuh gemay Kumamon adalah 2x = 2(100) = 200 cm.
sumber:https://blog.ruangguru.com/matematika-kelas-8-cara-menyelesaikan-sistem-persamaan-linear-dua-variabel-spldv
Tidak ada komentar:
Posting Komentar