HARI/TANGGAL:SENIN/15 FEBRUARI 2021
MATA PELAJARAN:MATEMATIKA
KELAS :9A
A.KOMPETENSI DASAR
3.6 Menjelaskan dan menentukan
kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
4.6 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
B.TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan dapat
:
Menyelesaikan
masalah yang Menyajikan hasil pembelajaran tentang kesebangunan dan
kekongruenan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan dan kekongruenan
C.APERSEPSI
Assalamualaikum
wr.wb anak-anak soleh-solehah bagaimana khabarnya hari ini sudah sholat
subuh,sudah sholat dhuha,sudah murojaah quran?mudah mudahan semua
menjalankan perintah Allah amiin.Hari ini kita belajar matematika
tentang Kesebangunan dan Kekongruenan Segitiga sebangun pada segitiga garis sejajar.Silahkan pelajari dan kerjakan tugasnya latihan soal di bawah kirim ke WA:082280107255
jangan lupa kirimkan foto belajarnya.dan berikan komentar melalui
blogger dan simaskot.Selamat belajar semoga sukses.
D.MATERI
Perbandingan Ruas Garis Sejajar pada Segitiga
Perhatikan segitiga di bawah ini.
Pada segitiga tersebut, sisi f yang sejajar dengan e, sehingga diperoleh:
cc+d=aa+b=ef
cd=ab
Perbandingan Ruas Garis pada Segitiga Terpancung (Trapesium)
Perhatikan gambar di bawah ini.
Oleh karena garis EG sejajar dengan garis AH, maka segitiga ΔDEG sebangun dengan segitiga ΔDAH, sehingga berlaku:
DEDA=EGAH
⇔mm+n=y−xz−x
⇔m(z−x)=(m+n)(y−x)
⇔mz−mx=my−mx+ny−nx
⇔mz=my+ny−mx+mx−nx
⇔mz=(m+n)y−nx
⇔(m+n)y=mz+nx
⇔y=mz+nxm+n
Dengan demikian, pada segitiga terpancung (trapesium) ABCD berlaku:
y=mz+nxm+n
Contoh 1
Perhatikan gambar berikut.
Jika panjang AB = 3 cm, BC = 2 cm, dan DE = 3 cm, maka tentukan panjang BD.
Penyelesaian:
Diketahui:
panjang AB = 3 cm
panjang BC = 2 cm
panjang DE = 3 cm
Misalkan panjang BD = p.
Panjang BD dapat ditentukan dengan perbandingan ruas garis sejajar pada segitiga.
Pada segitiga tersebut, sisi DE yang sejajar dengan BC, sehingga diperoleh dua buahsegitiga yang sebangun yaitu ΔADE dan ΔABC.
Ini berarti, salah satu perbandingan sisi bersesuaiannya adalah:
ADAB=DEBC⇔(3+p)3=32⇔2(3+p)=3(3)⇔6+2p=9⇔2p=9–6⇔2p=3⇔p=1,5
Jadi, panjang BD = p = 1,5 cm.
Contoh 2
Perhatikan gambar berikut.
Diketahui ΔACB siku-siku di C. Jika panjang AD = 32 cm dan DB = 8 cm, maka tentukan panjang CD.
Penyelesaian:
Untuk menentukan panjang CD, gunakan perbandingan ruas garis pada segitiga siku-siku.
Berdasarkan gambar pada soal diperoleh ΔADC sebangun dengan ΔCBD, sehingga salah satu perbandingan sisi bersesuaiannya adalah:
ADCD=CDBD⇔CD2=AD×BD⇔CD2=32×8⇔CD2=256−−−√⇔CD=16
Jadi, panjang CD = 16 cm.
Contoh 3
Perhatikan gambar di bawah ini.
Diketahui panjang AB = 15 cm, DC = 9 cm, dan AE : ED = 2 : 1. Tentukan panjang EF.
Penyelesaian:
Panjang EF dapat ditentukan dengan perbandingan ruas garis pada segitiga terpancung (trapesium).
Ini berarti:
panjang m = nilai perbandingan ED = 1
panjang n = nilai perbandingan EA = 2
panjang z = panjang AB = 15 cm
panjang x = panjang DC = 9 cm
y=mz+nxm+n
⇔EF=ED.AB+EA.DCED+EA⇔EF=15(1)+9(2)1+2⇔EF=15+183⇔EF=333⇔EF=11
Jadi, panjang sisi EF adalah 11 cm.
E.SKENARIO/PETUNJUK PEMBELAJARAN
Pahami
materi di atas dan kerjakan di buku latihan soal berikut di kirim ke
WA:082280107255 paling lambat senin tanggal 15 februari 2021 pukul 21.00
.Jika tidak mengumpul nilai raport diisi apa adanya tidak akan di bantu
nilainya .Jika ada kesulitan mohon di tanyakan pada saat ada jam
belajar.Selamat belajar semoga sukses.
F.LATIHAN SOAL
1.Perhatikan gambar berikut.
Jika panjang AB = 6 cm, BC = 4 cm, dan DE = 6 cm, maka tentukan panjang BD
2.Perhatikan gambar berikut.
Diketahui ΔACB siku-siku di C. Jika panjang AD = 32 cm dan DB = 8 cm, maka tentukan panjang CD.
3.Perhatikan gambar di bawah ini.
Diketahui panjang AB = 30 cm, DC = 18 cm, dan AE : ED = 2 : 1. Tentukan panjang EF.
Terima kasih pak
BalasHapus- Vika aulia 9a
baik pak terima kasih
BalasHapus-nashwa qayla 9a
Terima kasih tugasnya pak
BalasHapustrmksi pak
BalasHapus- shelsia 9A
Oke pak Terimakasih
BalasHapus-Daranatasya IX A
oke pak terimakasih..
BalasHapus-ikhsan 9a
Terima Kasih Pak
BalasHapus-M.Azra 9A
Terima kasih pak
BalasHapus-Nabila Putri 9A
Terimakasih pak
BalasHapus—thabitha 9a
Terima kasih pak
BalasHapusZaky kls XII a
Baik Pak Terimakasih
BalasHapus-Ariel 9A
Terima kasih pak
BalasHapus-lala kauria 9a
Terimakasi pak
BalasHapusRaissa Aulia 9A
Terima kasih pak
BalasHapus-alina 9a
Terima Kasih Pak
BalasHapus- Daffa 9A
Terimakasih pak
BalasHapus—Nazwa Amelia 9a
Terimakasih pak
BalasHapusFarel angger 9a
Terimakasih pak
BalasHapus- putri mayori 9a
Terimakasih pak
BalasHapusAqila nuraziza 9a
trmksh pak
BalasHapus-wahyu tri fadhilah 9a