HARI/TANGGAL:SENIN/8 FEBRUARI 2021
MATA PELAJARAN:MATEMATIKA
KELAS :9A
A.KOMPETENSI DASAR
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
B.TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan dapat :
Menyelesaikan masalah yang Menyajikan hasil pembelajaran tentang kesebangunan dan kekongruenan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan
C.APERSEPSI
Assalamualaikum wr.wb anak-anak soleh-solehah bagaimana khabarnya hari ini sudsh sholat subuh,sudah sholat dhuha,sudah murojaah quran?mudah mudahan semua menjalankan perintah Allah amiin.Hari ini kita belajar matematika tentang Kesebangunan dan Kekongruenan Segitiga sebangun pada segitiga siku-siku.Silahkan pelajari dan kerjakan tugasnya latihan 9 hal.43 no. 1 dan 3 kirim ke WA:082280107255 jangan lupa kirimkan foto belajarnya.dan berikan komentar melalui blogger dan simaskot.Selamat belajar semoga sukses.
D.MATERI
Pada segitiga siku-siku, misalkan segitiga siku-siku ABC (siku-siku di
A) jika dari titik A ditarik garis sehingga memotong garis BC di titik D
dengan AD tegak lurus dengan BC. Maka akan didapat dua segitiga
siku-siku yang baru yaitu segitiga siku-siku ABD (siku-siku di D) dan
segitiga siku-siku ACD (siku-siku di D). Ketiga segitiga ini adalah
segitiga yang sebangun dan dengan memanfaatkan kesebangunan dari ketiga
segitiga tersebut kita akan mendapatkan rumus untuk menentukan panjang
AB, AC, dan AD
Dari gambar kita memeperoleh bahwa sudut-sudut yang bersesuaian antara segitiga siku-siku ABC dengan segitiga ABD adalah sama besar. Sehingga dua segitiga tersebut sebangun. Dengan memanfaatkan kesebangunan segitiga ABC dan ABD kita dapat menentukkan panjang AB
Sehingga panjang AB dapat ditentukan dengan perbandingan sisi
Jadi, panjang AB dapat ditentukan dengan
Dua segitiga siku-siku ABC dan ACD merupakan dua segitiga yang sebangun karena memiliki sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. Untuk mencari panjang AC kita dapat memanfaatkan kesebangunan segitiga siku-siku ABC dan segitiga siku-siku ACD. Sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua segitiga tersebut adalah
Sehingga panjang AC dapat ditentukan dengan menggunakan perbandingan sisi
Jadi, panjang AC dapat ditentukan dengan rumus
Karena segitiga siku-siku ABC sebangun dengan segitiga ABD dan ACD, maka segitiga siku-siku ABD sebangun dengan segitiga siku-siku ACD. Dengan memanfaatkan kesebangunan dua segitiga tersebut kita dapat menentukkan panjang AD. Namun sebelumnya, kita perlu memahami sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua segitiga tersebut
Sehingga panjang AD dapat ditentukan dengan perbandingan sisi
Jadi, panjang AD dapat ditentukan dengan rumus
Alternatif untuk mengingat ketiga rumus di atas dapat dilakukan dengan melihat skema berikut
Perhatikan ketiga gambar di atas, jika panjang AB yang ditanya maka sama dengan akar BC dikali BD. Jika panjang AC yang ditanya maka sama dengan akar hasil kali BC dengan CD. Sedangkan, jika panjang AD yang ditanya maka sama dengan akar hasil kali BD dengan CD. Rumus-rumus tersbut sudah diperjelas dengan tanda panah pada gambarnya.
Untuk lebih memahaminya perhatikan contoh soal penggunaan rumus-rumus di atas
Tentukan nilai x, y dan z dari gambar di bawah jika diketahui bahwa segitiga ABC adalah segitiga siku-siku (siku-siku di C) serta panjang AB = 25 cm dan BD = 9 cm
Penyelesaian
Dari soal diperoleh bahwa
AB = 25 cm
BD = 9 cm
AD = AB – BD = 25 – 9 = 16 cm
Jadi, nilai x = 20 cm, y = 15 cm, dan z = 12 cm
Contoh 2
Segitiga PQR merupakan segitiga siku-siku dengan sudut siku-sikunya terletak pada P. Jika S adalah titik yang membagi sisi QR dan PS tegak lurus dengan QR. Tentukan panjang PS jika panjang QR = 15 cm dan panjang RS = 3 cm
Penyelesaian
Dari soal diperoleh bahwa
QR = 15 cm
RS = 3 cm
QS = QR – RS = 15 – 3 = 12 cm
Jadi, nilai PS = 6 cm
E.SKENARIO/PETUNJUK PEMBELAJARAN
Pahami materi di atas dan kerjakan di buku latihan soal berikut di kirim ke WA:082280107255 paling lambat senin tanggal 8 februari 2021 pukul 21.00 .Jika tidak mengumpul nilai raport diisi apa adanya tidak akan di bantu nilainya .Jika ada kesulitan mohon di tanyakan pada saat ada jam belajar.Selamat belajar semoga sukses.
F.LATIHAN SOAL
soal terlampir di buku paket
Terima kasih pak
BalasHapus-firza9a
Terima kasih ya pak ..
BalasHapusTerima Kasih Pak
BalasHapus-M.Azra 9A
Siap terimakasih ya pak
BalasHapus-Daranatasya IX A
Terima kasih pak
BalasHapus-lala kauria 9a
Baik pak terima kasih
BalasHapus-Nabila putri 9A
terima kasih pak
BalasHapus-dhiki jang jaya 9a
Terima kasih pak
BalasHapusZaky kls XII a
Terima Kasih Pak
BalasHapus- Daffa 9A
Terimakasih pak
BalasHapusAlfina 9a
baik pak, terimakasih
BalasHapus-wahyu tri fadhilah 9a
baik pak terimakasih..
BalasHapus-ikhsan 9a
Terima kasih pak
BalasHapus▪️ Nabila anandisa 9a
Terima kasih pak
BalasHapus-alina 9a
Terimakasih pak
BalasHapus- putri mayori 9a
Terimakasih pak
BalasHapus—Azzura 9A
terimakasih pak
BalasHapusnazwa amelia 9a
terimakasih pak
BalasHapus-fa'izah chantika 9a
trimakasih pak
BalasHapusMutiara 8f