Minggu, 07 Februari 2021

SEGITIGA SEBANGUN PADA SEGITIGA SIKU-SIKU

 

 HARI/TANGGAL:SENIN/8 FEBRUARI 2021

MATA PELAJARAN:MATEMATIKA

KELAS                  :9A

A.KOMPETENSI DASAR

 3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar

4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar

B.TUJUAN PEMBELAJARAN

 Siswa diharapkan dapat :

 Menyelesaikan masalah yang Menyajikan hasil pembelajaran tentang kesebangunan dan kekongruenan

  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan

C.APERSEPSI

Assalamualaikum wr.wb anak-anak soleh-solehah bagaimana khabarnya hari ini sudsh sholat subuh,sudah sholat dhuha,sudah murojaah quran?mudah mudahan semua menjalankan perintah Allah amiin.Hari ini kita belajar matematika tentang Kesebangunan dan Kekongruenan Segitiga sebangun pada segitiga siku-siku.Silahkan pelajari dan kerjakan tugasnya latihan 9 hal.43 no. 1 dan 3 kirim ke WA:082280107255 jangan lupa kirimkan foto belajarnya.dan berikan komentar melalui blogger dan simaskot.Selamat belajar semoga sukses.

D.MATERI

Pada segitiga siku-siku, misalkan segitiga siku-siku ABC (siku-siku di A) jika dari titik A ditarik garis sehingga memotong garis BC di titik D dengan AD tegak lurus dengan BC. Maka akan didapat dua segitiga siku-siku yang baru yaitu segitiga siku-siku ABD (siku-siku di D) dan segitiga siku-siku ACD (siku-siku di D). Ketiga segitiga ini adalah segitiga yang sebangun dan dengan memanfaatkan kesebangunan dari ketiga segitiga tersebut kita akan mendapatkan rumus untuk menentukan panjang AB, AC, dan AD


Menentukan Panjang AB
Jika gambar segitiga kita ABC dan segitiga ABD dipisahkan maka menjadi

Dari gambar kita memeperoleh bahwa sudut-sudut yang bersesuaian antara segitiga siku-siku ABC dengan segitiga ABD adalah sama besar. Sehingga dua segitiga tersebut sebangun. Dengan memanfaatkan kesebangunan segitiga ABC dan ABD kita dapat menentukkan panjang AB

Sehingga panjang AB dapat ditentukan dengan perbandingan sisi
 
Jadi, panjang AB dapat ditentukan dengan
 

Menentukan Panjang AC
Jika gambar segitiga kita ABC dan segitiga ACD dipisahkan maka menjadi

Dua segitiga siku-siku ABC dan ACD merupakan dua segitiga yang sebangun karena memiliki sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. Untuk mencari panjang AC kita dapat memanfaatkan kesebangunan segitiga siku-siku ABC dan segitiga siku-siku ACD. Sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua segitiga tersebut adalah

Sehingga panjang AC dapat ditentukan dengan menggunakan perbandingan sisi

Jadi, panjang AC dapat ditentukan dengan rumus


Menentukan panjang AD
Jika gambar segitiga kita ABD dan segitiga ACD dipisahkan maka menjadi
Karena segitiga siku-siku ABC sebangun dengan segitiga ABD dan ACD, maka segitiga siku-siku ABD sebangun dengan segitiga siku-siku ACD. Dengan memanfaatkan kesebangunan dua segitiga tersebut kita dapat menentukkan panjang AD. Namun sebelumnya, kita perlu memahami sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua segitiga tersebut

Sehingga panjang AD dapat ditentukan dengan perbandingan sisi

Jadi, panjang AD dapat ditentukan dengan rumus
 
Alternatif untuk mengingat ketiga rumus di atas dapat dilakukan dengan melihat skema berikut

Perhatikan ketiga gambar di atas, jika panjang AB yang ditanya maka sama dengan akar BC dikali BD. Jika panjang AC yang ditanya maka sama dengan akar hasil kali BC dengan CD. Sedangkan, jika panjang AD yang ditanya maka sama dengan akar hasil kali BD dengan CD. Rumus-rumus tersbut sudah diperjelas dengan tanda panah pada gambarnya.

Untuk lebih memahaminya perhatikan contoh soal penggunaan rumus-rumus di atas
Contoh 1
Tentukan nilai x, y dan z dari gambar di bawah jika diketahui bahwa segitiga ABC adalah segitiga siku-siku (siku-siku di C) serta panjang AB = 25 cm dan BD = 9 cm

Penyelesaian
Dari soal diperoleh bahwa
AB = 25 cm
BD = 9 cm
AD = AB – BD = 25 – 9 = 16 cm

Jadi, nilai x = 20 cm, y = 15 cm, dan z = 12 cm
Contoh 2
Segitiga PQR merupakan segitiga siku-siku dengan sudut siku-sikunya terletak pada P. Jika S adalah titik yang membagi sisi QR dan PS tegak lurus dengan QR. Tentukan panjang PS jika panjang QR = 15 cm dan panjang RS = 3 cm

Penyelesaian
Dari soal diperoleh bahwa
QR = 15 cm
RS = 3 cm
QS = QR – RS = 15 – 3 = 12 cm









Jadi, nilai PS = 6 cm

E.SKENARIO/PETUNJUK PEMBELAJARAN

 Pahami materi di atas dan kerjakan di buku latihan soal berikut di kirim ke WA:082280107255 paling lambat senin tanggal 8 februari 2021 pukul 21.00 .Jika tidak mengumpul nilai raport diisi apa adanya tidak akan di bantu nilainya .Jika ada kesulitan mohon di tanyakan pada saat ada jam belajar.Selamat belajar semoga sukses. 

F.LATIHAN SOAL

soal terlampir di buku paket

19 komentar:

  1. Siap terimakasih ya pak
    -Daranatasya IX A

    BalasHapus
  2. Baik pak terima kasih
    -Nabila putri 9A

    BalasHapus
  3. terima kasih pak
    -dhiki jang jaya 9a

    BalasHapus
  4. baik pak, terimakasih
    -wahyu tri fadhilah 9a

    BalasHapus
  5. baik pak terimakasih..
    -ikhsan 9a

    BalasHapus
  6. Terima kasih pak
    ▪️ Nabila anandisa 9a

    BalasHapus
  7. Terimakasih pak
    —Azzura 9A

    BalasHapus
  8. terimakasih pak
    -fa'izah chantika 9a

    BalasHapus

LATIHAN PAS SEMESTER GANJIL

  Soal 1 Hari/ Tanggal : Jumat,26 November 2021  Kelas              : 8A,8B,8C,8D,8E  Materi            :  Latihan pas semester ganjil KOMPE...