HARI/TANGGAL:SELASA/25 MEI 2021
MATA PELAJARAN:MATEMATIKA
KELAS :8D,8E,8F,8G
A. KOMPETENSI DASAR
3.11 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
B. INDIKATOR ·
· Memahami peluang teoritik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh dari sekelompok data.
· Memahami peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh dari sekelompok data.
· Membandingkan peluang empirik suatu percobaan dengan peluang teoritiknya
· Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara peluang empirik dengan peluang teoretik
· Menyajikan hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang teoretik
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan dapat
: ·
· Memahami peluang teoritik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh dari sekelompok data.
· Memahami peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh dari sekelompok data.
· Membandingkan peluang empirik suatu percobaan dengan peluang teoritiknya
· Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara peluang empirik dengan peluang teoretik
· Menyajikan hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang teoretik
· D..APERSEPSI
Assalamualaikum wr.wb anak-anak soleh-solehah bagaimana khabarnya hari ini sudsh sholat subuh,sudah sholat dhuha,sudah murojaah quran?mudah mudahan semua menjalankan perintah Allah amiin.Hari ini kita belajar matematika Peluang. .Silahkan pelajari dan kerjakan tugasnya kirim ke WA:082280107255 jangan lupa kirimkan foto belajarnya.dan berikan komentar melalui blogger dan simaskot.Selamat belajar semoga sukses.
E.MATERISifat dasar percobaan:
- Setiap jenis percobaan mempunyai kemungkinan hasil atau peristiwa/kejadian yang akan terjadi.
- Hasil dari setiap percobaan secara pasti sulit ditentukan.
B. Ruang Sampel
Ruang sampel (S) adalah kumpulan dari hasil yang mungkin terjadi dari suatu percobaan. Titik sampel adalah anggota-anggota dari ruang sampel, sedangkan kumpulan dari beberapa titik sampel disebut kejadian.
Banyak ruang sampel disimbolkan dengan n(S).
Contoh:
Tiga buah koin dilempar sebanyak 1 kali, maka ruang sampel dan banyaknya sampel dari percobaan pelemparan koin tersebut adalah ...
Jawab:
Misalkan, munculnya angka pada koin disimbolkan dengan A dan munculnya gambar pada koin disimbolkan dengan G, maka dari hasil pelemparan koin tersebut, diperoleh beberapa kemungkinan sebagai berikut:
Koin I |
Koin II |
Koin III |
|
Kemungkinan ke-1 | A | A | A |
Kemungkinan ke-2 | A | A | G |
Kemungkinan ke-3 | A | G | A |
Kemungkinan ke-4 | G | A | A |
Kemungkinan ke-5 | A | G | G |
Kemungkinan ke-6 | G | A | G |
Kemungkinan ke-7 | G | G | A |
Kemungkinan ke-8 | G | G | G |
Jadi, ruang sampel dari percobaan tersebut adalah S = {(AAA), (AAG), (AGA), (GAA), (AGG), (GAG), (GGA), (GGG)} dan banyak sampelnya adalah n(S) = 8.
C. Peluang Kejadian
Misalnya S adalah ruang sampel dari suatu percobaan dengan setiap anggota S memiliki kesempatan muncul yang sama dan K adalah suatu kejadian dengan K⊂S, maka peluang kejadian K adalah:
Contoh:
Sebuah dadu dilempar undi satu kali, peluang muncul angka bilangan prima adalah...
Jawab:
Ruang sampel dadu (S) = {1, 2, 3, 4, 5, 6} maka n(S) = 6
Muncul angka prima (K) = {2, 3, 5} maka n(K) = 3
Sehingga peluang muncul angka bilangan prima yaitu:
D. Peluang komplemen dari suatu kejadian
P(K) adalah peluang kejadian K dan P(Kc) = P(K’) adalah peluang kejadian bukan K, maka berlaku:
Contoh:
ak lulus ujian Matematika adalah…
Jawab:
K = Kejadian Rina lulus ujian Matematika = 0,89
Kc = Kejadian Rina tidak lulus ujian Matematika
Peluang Rina tidak lulus ujian Matematika:
P(Kc) = 1 – P(K) = 1 – 0,89 = 0,11
E. Frekuensi Harapan
Frekuensi harapan adalah banyaknya kejadian yang diharapkan dapat terjadi pada suatu percobaan.
Jika suatu percobaan dilakukan sebanyak n kali dan nilai kemungkinan terjadi kejadian K setiap percobaan adalah P(K), maka frekuensi harapan kejadian K adalah:
Contoh:
Sebuah dadu dilempar sebanyak 120 kali, maka frekuensi harapan munculnya mata dadu faktor dari 6 adalah...
Jawab:
S = {1, 2, 3, 4, 5, 6} ↔ n(S) = 6
K : Faktor dari 6 = {1, 2, 3, 6} ↔ n(A) = 4
n = Banyak lemparan = 120
Sehingga frekuensi harapan muncul faktor dari 6 adalah :
Rumus Peluang
Probabilitas/Peluang suatu kejadian A terjadi dilambangkan dengan notasi P(A), p(A), atau Pr(A). Sebaliknya, probabilitas [bukan A] atau komplemen A, atau probabilitas suatu kejadian A tidak akan terjadi, adalah 1-P(A).
Untuk menentukan rumus peluang kejadian menggunakan ruang sampel (biasanya disimbolkan dengan S) dan suatu kejadian. Jika A adalah suatu kejadian atau peristiwa, maka A adalah anggota dari himpunan ruang sampel S. Peluang kejadian A adalah:
P(A) = n(A)/ n(S)
Keterangan:
N(A) = banyak anggota himpunan kejadian A
n(S) = banyak anggota dalam himpunan ruang sampel S
Contoh Soal Rumus Peluang
Contoh Soal 1:
Sebuah dadu dilempar satu kali. Tentukan peluang ketika:
a. Kejadian A munculnya mata dadu dengan angka prima
b. Kejadian munculnya mata dadu dengan jumlah kurang dari 6
Jawab:
Percobaan melempar dadu menghasilkan 6 kemungkinan yaitu munculnya mata dadu 1, 2, 3, 4, 5, 6, sehinga dapat dituliskan bahwa n (S)= 6
a. Pada pertanyaan munculnya mata dadu prima, yaitu peristiwa angka yang muncul merupakan bilangan prima, yaitu 2, 3, dan 5. Sehingga dapat dituliskan jumlah kejadian n(A) = 3.
Jadi nilai peluang dari kejadian A tersebut adalah sebagai berikut:
P(A) = n(A)/ n(S)
P(A) = 3/6 = 0,5
b. Pada kejadian B, yaitu peristiwa muncul mata dadu dengan jumlah kurang dari 6. Kemungkinan angka yang muncul yaitu 1, 2, 3, 4, dan 5.
Jadi nilai peluang dari kejadian B tersebut adalah sebagai berikut:
P(B) = n(B)/ n(S)
P(A) = 5/6
Contoh Soal 2
Tiga mata uang logam dilempar bersama. Tentukan peluang muncul dua sisi gambar dan satu sisi angka.
Jawab:
Ruang sampel untuk pelemparan 3 mata uang logam:
S = {GGG, GGA, GAG, AGG, AGA, GAA, AAA, AAG}
maka n(S) = 8
*untuk mencari nilai n(S) pada satu kali pelemparan 3 logam uang yaitu dengan n(S) = 2^n (dengan n adalah jumlah mata uang logam, atau jumlah pelemparan)
Kejadian muncul dua mata sisi gambar dan satu sisi angka yaitu:
N(A) {GGA, GAG, AGG},
maka n(A) = 3
Jadi, peluang untuk memperoleh dua sisi gambar dan satu angka adalah berikut:
P(A) = n(A)/ n(S) = 3/8
E. SKENARIO/PETUNJUK PEMBELAJARAN
Pahami materi di atas dan kerjakan di buku latihan soal berikut di kirim ke WA:082280107255 paling lambat selasa tanggal 25 mei 2021 pukul 21.00 .Jika tidak mengumpul nilai raport diisi apa adanya tidak akan di bantu nilainya .Jika ada kesulitan mohon di tanyakan pada saat ada jam belajar.Selamat belajar semoga sukses.
a. Kejadian A munculnya mata dadu dengan angka ganjil
b. Kejadian munculnya mata dadu dengan jumlah kurang dari 4
assalamualaikum pak,terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapusbintang mutiara 8G
assalamualaikum pak,terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapusM Davie M 8F
assalamualaikum pak, terimakasih atas tugas dan materi nya.
BalasHapus-AKILA 8F
assalamualaikum pak, terimakasih atas materi nya
BalasHapus- annika 8f
assalamualaikum pak, terimakasih atas materi nya
BalasHapus-scania 8f
Assalamu'alaikum pak terimakasih tugasnya
BalasHapusFatiha arta 8G
Assalamualaikum pak, trimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-syafa suci 8G
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugas nya
BalasHapusHERI AFRIANSYAH 8F
Assalamu'alaikum pak terimakasih
BalasHapus-arissa 8f
Assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusDhea Agustina 8G
Assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusKhezya Ayunda 8F
assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAlfarin 8G
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, syukron pak darmin atas tugas nya
BalasHapus-jihankhairunnisa8E
asalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAmmar 8F
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapusM Dirly afrijal 8F
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-Muhammad Rafli 8F
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapusRaditya Rizky 8G
asalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapusGamma Bramulya A 8F
~Irsyad 8G
BalasHapusBaik Pak
Assalamualaikum pak, terimaksih atas tugasnya
BalasHapusAmanda Wahyuni 8d
Assalamualaikum pak,trmksh
BalasHapusDera 8d
Assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-Desty auliya utami 8D
Assalamualaikum, terimakasih atas materi dan tugas yg di berikan hari ini pak.
BalasHapusRizka amelia 8G
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapusM.Dafa setiawan 8f
Assalamualaikm pak
BalasHapusMutiara 8f
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, terimakasi pak darmin atas tugas nya
BalasHapusTegar assharul
8F
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapusDian frizca 8G
Assalamualaikum pak terima kasih atas tugasnya
BalasHapusNabila 8F
assalamualaikum pak,baik pak terimakasih atas tugasnya —s.r.azizah 8'D
BalasHapusAssalamu'alaikum terimakasih atas tugas nya raffy dwi rahman kls 8f
BalasHapusAssalamualaikum pak terima kasih atas tugasnya
BalasHapusjuan 8f
Assalamualaikum pak terima kasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusAzman Fathary B 8F
Assalamualaikum pak terimakasih tugasnya
BalasHapusaulia Putri nasution 8f hadir
Assalamu'alaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapusReihan abiyoza 8G
assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-anggi anggraini 8D
Assalamualaikum wr wb ok pak
BalasHapusBisma putra jaya 8G
Assalamualaikum pak trmksi
BalasHapus-tania 8G
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh pak terimakasih banyak atas tugas dan materi nya 🙏🏻
BalasHapus-Anisa Putri 8D
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
assalamualaikum pak trimakasih atas tugasnya-tazkia 8g
BalasHapusassalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-Sultan Zacky A.H 8D
Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya
BalasHapusIbanez revaliano 8E
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-atika ghaisani 8d
Assalamualaikum pak terimakasih materinya-aline 8e
BalasHapusAssalamu'alaikum, terimakasih pak
BalasHapus-Raisyah 8E
Assalamualaikum pak, terimakasih atas tugas nya
BalasHapus-alifia di 8d
Assalamualaikum pak terimakasih materinya
BalasHapusAlfi 8E
Assalamualaikum, terimakasih Pak.
BalasHapus-Nayla Auriel Iryansyah 8E
Assalamualaikum, terima kasih pak
BalasHapus-Vakhroh Ardelia 8E
assalamualaikum, terimakasih pak
BalasHapus-rajwaqiqa 8E
Assalamualaikum pak, trimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-M.Ridho Ramadhan 8G
Assalamualaikum pak,terima kasih
BalasHapus-samantha 8G
assalamualaikum terimakasih pak
BalasHapusfiryal 8f
Asalamualaikum terima kasih pak
BalasHapusRizky romansah 8g
assalamualaikum terimakasih pak
BalasHapusferlina 8e
assalamualaikum terimakasih pak
BalasHapusferlina 8e