Kamis, 30 September 2021

RELASI DAN FUNGSI

 

HARI/TANGGAL:JUMAT/1 OKTOBER 2021

MATA PELAJARAN:MATEMATIKA

KELAS                  :8A,8B,8C,8D,8E,

A.KOMPETENSI DASAR

3.3Mendeskripsikan dan manyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)

4.2Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi

 B. INDIKATOR

-Mejelaskan dengan kata- kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang

berkaitan dengan relasi.

-Mendefinisikan relasi

-Memahami perbedaan antara relasi dan bukan relasi

-Memahami bentuk penyajian relasi

 C. TUJUAN PEMBELAJARAN 

Siswa diharapkan dapat :

-Mejelaskan dengan kata- kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang

berkaitan dengan relasi.

-Mendefinisikan relasi

-Memahami perbedaan antara relasi dan bukan relasi

-Memahami bentuk penyajian relasi

 

C.APERSEPSI

          Assalamualaikum wr.wb anak-anak soleh-solehah bagaimana khabarnya hari ini sudsh sholat subuh,sudah sholat dhuha,sudah murojaah quran?mudah mudahan semua menjalankan perintah Allah amiin.Hari ini kita belajar matematika tentang relasi dan fungsi .Silahkan pelajari dan kerjakan tugasnya kirim ke WA:082280107255 jangan lupa kirimkan foto belajarnya.dan berikan komentar melalui blogger dan simaskot.Selamat belajar semoga sukses 

D.MATERI
BAB 3
RELASI DAN FUNGSI
Relasi
Menyatakan hubungan antara suatu anggota himpunan dengan anggota himpunan lainnya. Himpunan A dan himpunan B dikatakan memiliki relasi jika ada anggota himpunan yang saling berpasangan. Relasi antara dua himpunan dapat dinyatakan dengan tiga cara yaitu dengan diagram panah, himpunan pasangan berurutan, dan diagram Cartesius.
1. Diagram Panah
Diagram panah merupakan cara yang paling mudah untuk menyatakan suatu relasi. Diagram ini membentuk pola dari suatu relasi ke dalam bentuk gambar arah panah yang menyatakan hubungan antara anggota himpunan A dengan anggota himpunan B.
Misalnya, ada 4 orang anak yaitu Ali, Siti, Amir dan Rizki. Mereka diminta untuk menyebutkan warna favorit mereka. Ali menyukai warna merah, Siti menyukai warna ungu, Amir menyukai warna hitam, dan Rizki menyukai warna merah. Dari hasil uraian tersebut, terdapat dua buah himpunan. Himpunan pertama adalah himpunan anak, kita sebut himpunan A dan himpunan yang kedua adalah himpunan warna, kita sebut himpunan B. Hubungan antara himpunan A dan himpunan B dapat di ilustrasikan dengan diagram panah seperti berikut:
relasi dan fungsi
Jadi, dapat disimpulkan bahwa diagram panah di atas merupakan relasi antara anak dengan warna yang mereka sukai. Relasi antara kedua himpunan tersebut dapat dinyatakan dengan panah-panah yang memasangkan anggota himpunan A dengan anggota himpunan B. 
2. Himpunan Pasangan Berurutan
Selain dengan diagram panah, suatu relasi juga dapat dinyatakan dengan menggunakan himpunan pasangan berurutan. Caranya dengan memasangkan himpunan A dengan himpunan B secara berurutan. Kita dapat mengambil contoh dari contoh diagram panah tadi.
Ali menyukai warna merah
Siti menyukai warna ungu
Amir menyukai warna hitam
Rizki menyukai warna merah
Dari uraian di atas kita dapat menyatakan relasinya dengan himpunan pasangan berurutan seperti berikut:
(Ali, merah), (Siti, ungu), (Amir, hitam), (Rizki, merah).
Jadi, relasi antara himpunan A dengan himpunan B dinyatakan sebagai himpunan pasangan berurutan (x,y) dengan x ∈ A dan y ∈ B.
3. Diagram Cartesius
Menyatakan relasi antara dua himpunan dari pasangan berurutan yang kemudian dituliskan dalam bentuk dot (titik-titik). Contoh dari relasi antara anak dengan warna kesukaannya yaitu himpunan A = {Ali, Siti, Amir, Rizki} dan himpunan B = {merah, ungu, hitam}, dapat digambarkan dalam bentuk diagram Cartesius seperti di bawah ini:
relasi dan fungsi
Fungsi
Fungsi (pemetaan) merupakan relasi dari himpunan A ke himpunan B, jika setiap anggota himpunan A berpasangan tepat satu dengan anggota himpunan B. Semua anggota himpunan A atau daerah asal disebut domain, sedangkan semua anggota himpunan B atau daerah kawan disebut kodomain. Hasil dari pemetaan antara domain dan kodomain disebut range fungsi atau daerah hasil. Sama halnya dengan relasi, fungsi juga dapat dinyatakan dalam bentuk diagram panah, himpunan pasangan berurutan dan dengan diagram Cartesius.
formula relasi dan fungsi
Jadi, dari diagram panah di atas dapat disimpukan:
Domain/daerah asal adalah A = {1,2,3}
Kodomain/daerah kawan adalah B = {1,2,3,4}
Range/daerah hasil fungsi = {2,3,4}
Sebuah fungsi dapat dinotasikan dengan huruf kecil sepeti f, g, h. Misal, fungsi f memetakan himpunan A ke himpunan B dinotasikan f(x) dengan aturan f : x → 3x+3. Artinya fungsi f memetakan x ke 3x+3. Jadi daerah bayangan x oleh fungsi f adalah 3x+3 sehingga dapat dinotasikan dengan f(x) = 3x+3. Dari uraian ini dapat dirumuskan:
Jika fungsi f : x → ax +b dengan x anggota domain f , maka rumus fungsif adalah f(x) = ax+b
Dengan menghitung nilai fungsi, kita dapat mengetahui nilai fungsi yang dapat menghasilkan himpunan kawan (kodomain) dari himpunan asal (domain). Supaya lebih jelas, coba kerjakan contoh soal di bawah ini ya.
  • Diketahui fungsi f : x  3x + 3 pada himpunan bilangan bulat. Tentukan:
  1. f(3)
  2. bayangan (-2) oleh f
  3. nilai f untuk x = -4
  4. nilai x untuk f(x) = 6
  5. nilai a jika f(a) = 12
Jawab:
Fungsi f : x  3x + 3
Rumus fungsi: f(x) = 3x+3
  1. f(3) = 3(3)+3 = 12
  2. bayangan (-2) oleh f sama dengan f (-2), jadi f(-2) = 3(-2)+3 = -3
  3. nilai f untuk x = -4 adalah f (-4) = 3(-4)+3 = -9
  4. nilai x untuk f(x) = 6 adalah
3x + 3 = 6
3x = 6-3
3x = 3
x = 1
5. nilai a jika f(a) = 12
3a + 3 = 12
3a = 12 – 3
3a = 9
a = 3
 

Contoh 1: Soal UN Matematika SMP/MTs Tahun 2019

Diagram panah berikut menunjukkan relasi dari himpunan A ke B.

Contoh Soal Relasi dan Fungsi UN 2019

Daerah hasil dari relasi tersebut adalah ….

A. {1, 2, 3, 4}
B. {1, 4, 9, 16}
C. {1, 4, 9, 12, 16}
D. {1, 2, 3, 4, 9, 12, 16}

Pembahasan:

Daerah hasil adalah anggota himpunan daerah kawan (kodomain) yang memiliki pasangan pada himpunan asal (domain).

Jadi, himpunan daerah hasil dari relasi tersebut adalah {1, 4, 9, 16}.

Jawaban: B

Contoh 2: Soal UN Matematika SMP/MTs Tahun 2014

Diketahui f(x) = -2x + 7 dan f(k) = 17, nilai k adalah ….
A.     5
B.     4
C.     –4
D.     –5

Pembahasan:

    \[ f(k) = 17 \]

    \[ -2k + 7 = 17 \]

    \[ -2k = 17 - 7 \]

    \[ -2k = 10 \]

    \[ k = \frac{10}{-2} = -5 \]

Jawaban: D

Contoh 3: Soal UN Matematika SMP/MTs Tahun 2010

Suatu fungsi didefinisikan dengan rumus f(x) = 3 – 5x. Nilai f(-4) adalah ….
A.     –23
B.     –17
C.     17
D.     23

Pembahasan:

Fungsi f atas x dinyatakan dalam persamaan f(x) = 3 – 5x

Untuk mendapatkan nilai f(-4), substitusi nilai x = – 4 pada persamaan f(x):

    \[ f(-4) = 3 - 5(-4) \]

    \[ f(-4) = 3 + 20 \]

    \[ f(-4) = 23 \]

Jawaban: D

Contoh 4: Soal UN Matematika SMP/MTs Tahun 2009

Diketahui rumus fungsi f(x) = 2x + 5. Jika f(a) = 11, nilai a adalah ….
A.     2
B.     3
C.     5
D.     6

Pembahasan:

    \[ f(a) = 11 \]

    \[ 2a + 5 = 11 \]

    \[ 2a = 11 - 5 \]

    \[ 2a = 6 \]

    \[ a =\frac{6}{2} = 3 \]

Jawaban: B

Contoh 5: Soal UN Matematika SMP/MTs Tahun 2009

Perhatikan diagram di bawah!

Contoh relasi dan fungsi dalam bentuk diagram panah

Relasi yang tepat dari himpunan K ke himpunan L adalah ….
A.     dua kali dari
B.     setengah dari
C.     satu kurangnya dari
D.     kurang dari

Pembahasan:

Daerah asal ditunjukkan oleh himpunan K
Daerah kawan ditunjukkan oleh himpunan L
Setiap tanda panah dari daerah asal (himpunan K) memetakan ke daerah kawan (himpunan L) dengan cara setengah dari.

Jadi, relasi yang tepat dari himpunan K ke himpunan L adalah “setengah dari”, K setengah dari L.

Jawaban: B

Contoh 6: Soal UN Matematika SMP/MTs Tahun 2007

Perhatikan diagram berikut ini!

Contoh relasi dalam bentuk diagram panah

Relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah ….
A.     faktor dari
B.     lebih dari
C.     kurang dari
D.     setengah dari

Pembahasan:

Relasi dari himpunan A ke himpunan B yang tepat adalah faktor dari, A faktor dari B.

  • 1 merupakan faktor dari 1, 2, 3
  • 2 merupakan faktor dari 2 dan 4
  • 4 merupakan faktor dari 4

Jawaban: A

 E. SKENARIO/PETUNJUK PEMBELAJARAN

Pahami materi di atas dan kerjakan di buku latihan soal berikut di kirim ke WA:082280107255 paling lambat jumat tanggal 1 oktober 2021 pukul 21.00 .Jika tidak mengumpul nilai raport diisi apa adanya tidak akan di bantu nilainya .Jika ada kesulitan mohon di tanyakan pada saat ada jam belajar.Selamat belajar semoga sukses. 

F. LATIHAN SOAL:
l. Di ketahui domain himpunan A=(1,2,3,4 ) dan kodomain himpunan B=(2,4,6,8 ), suatu relasi menyatakan dari himpunan A ke himpunan B adalah " dua kali ".
nyatakan relasi tersebut dengan:
a.Diagram panah
b.Himpunan pasangan berurutan
c.Diagram  cartesius

2.Diagram panah berikut menunjukkan relasi dari himpunan A ke B.

Contoh Soal Relasi dan Fungsi UN 2019

Daerah hasil dari relasi tersebut adalah ….

 tentukan pula daerah asal (domain) dan daerah kawan (kodomain)

3.Perhatikan diagram di bawah!

Contoh relasi dan fungsi dalam bentuk diagram panah
Relasi yang tepat dari himpunan K ke himpunan L adalah ….

 

 

41 komentar:

  1. Assalamualaikum
    Nama Afien Muhammad Abdallah
    Kelas 8D
    Ket hadir
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum
    Nama : Hafiza Fakhira Nayyara
    Kelas : 8D #Hadir
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  3. assalamualaikum
    nama: Olivia Almufenza
    kelas: 8D
    Ket: hadir
    terimakasih 🙏

    BalasHapus
  4. assalamualaikum
    nama: M.Rafi islami Indrawan
    kelas: 8D
    Ket: hadir
    terimakasih

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum
    Nama: putri aulia
    Kelas: 8d
    Ket: hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum
    Nama:Naira Rifaya Isal
    Kelas:8D
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum pak
    Nama Rasya Dirsa T
    Kelas 8.A
    KET Hadir
    Terima kasih pak atas materi nya
    W assalamualaikum WR. WB

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum
    Nama:Naura Afra Azzahra
    Kelas:8A
    Ket:Hadir
    TerimaKasih

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Nama : M.Naufal.R
    Kelas : 8A
    Hadir terimakasih atas materinya pak

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    Nama:magalih muthmainah
    Kelas:8A
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum
    Nama:jessy mahrani puspita sari
    Kelas:8A
    Hadir

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum
    Nama:josa kayla
    Kelas:8a
    KET:hadir
    Terimakasih,Wassalamualaikum

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum pak saya Niki Faris athaillah dari kls viii a terimakasih atas materinya

    BalasHapus
  14. assalamu'alaikum
    nama:ivania islami khairunnisa
    kelas:8C
    keterangan:hadir
    terimakasih

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama : Chelsea Aprilia Susanti
    Kelas : 8B
    Ket : Hadir
    Absen : 09
    Terimakasih atas materinya 🙏🏻
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum
    Nama : Chelsy Azzahra Zahira
    Kelas : 8C
    Ket : Hadir
    Terima kasih 🙏🏻

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum
    Nama : Aras gifari tj
    Kelas : 8A
    Ket : Hadir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum
      Nama:Nayla Amalia Putri
      Kelas:8B
      Keterangan:Hadir
      Trima kasih
      Wassalamu'alaikum

      Hapus
  18. Assalamualaikum
    Nama:Puthie
    Kls:8b
    Ket:hadir

    BalasHapus
  19. Assalamu'alaikum, N.K.Ayudya.W.D/8B/22, Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum
    -Levina aprilia dita 8B

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum
    Nama:Aryagilda anfahira
    Ket:hadir
    Kelas:8c

    BalasHapus
  22. Assalamu'alaikum Pak
    Nama:Abdul Khodir Zailani
    Kls:8C
    KET:HADIR
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum
    Nama Nili Fatil Huda
    Kls 8c
    Ket Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum
    Nama:Moza Suci Ramadhania
    Kelas:8C
    Ket:Hadir

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum
    Nama: Abdul Aziz Al Mubarak
    Kelas:8B
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum
    Nama:Martha evandra
    Kelas:8C

    Terimakasih

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum
    Nama: Radika Akbar Purnomo
    Kls:8B
    Ket:hadir

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama:Azarine Elvina Alesha
    Kelas:8c
    Ket:Hadir
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama:Azarine Elfrida Shakila
    Kelas:8c
    Ket:Hadir
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum
    Nama: Bima Mandala Putra
    Kls:8B
    Ket:hadir

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum
    Nama:septa tri marga
    Kelas:8c
    Ket:hadir
    Terimakasih pak atas materinya hari ini
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum
    Nama: Nurhikmah saputri Harahap
    Kelas:8e
    Ket:hadir
    Terimakasih pak atas materinya hari ini
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum
    Nama Dennis keandra Hermawan
    Kelas 8E
    Hadir
    Terima kasih

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum
    Nama Bilqis Zahra sagita
    Kelas 8E
    Keterangan hadir
    Terimakasih pak atas materinya
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  35. Asalamualaikum
    Nama: Aditya putra pratama
    Kelas:8E
    Keterangan:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum pak
    Nama:Fanisa Aurelia
    Kelas:8E
    Keterangan hadir
    Terimakasih pak atas materinya

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum, nama saya Fathiyah Zahra dari kelas 8E
    Keterangan : Hadir
    Terima kasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum, nama saya
    Muhammad Maldini Ramadhan kelas 8E
    Keterangan : Hadir
    Terima kasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum
    Nama:Muhammad Rafi Daviera
    Kelas:8E
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum
    Nama: Muhammad Laskar Andwian
    Kelas:8E
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus

LATIHAN PAS SEMESTER GANJIL

  Soal 1 Hari/ Tanggal : Jumat,26 November 2021  Kelas              : 8A,8B,8C,8D,8E  Materi            :  Latihan pas semester ganjil KOMPE...