Minggu, 26 April 2020

Hari/Tanggal: Senin/27 April 2020
Kelas : 8D-8F

PAHAMI PEMBAHASAN MATERI BERIKUT LALU BUAT RANGKUMAN MATERINYA, KERJAKAN DI BUKU LATIHAN, DIBERI NAMA, KELAS DAN TANDA TANGAN ORANG TUA. DIFOTO DAN DIKIRIM KE WHATSAPP : 082280107255, PALING LAMBAT PUKUL 15.30 HARI INI.

Kuartil
Kita bedakan cara pencarian Kuartil dalam tiga cara menurut penyajian datanya sebagai berikut :
  • Jika data disajikan dalam bentuk Data Tunggal Tak Berfrekuensi
Contoh 1 : Tentukan  dari  4, 7, 5, 6, 7, 8, 5, 9, 10
Jawab : Kita urutkan dahulu datanya menjadi :
4, 5, 5, 6, 7, 7, 8, 9, 10 lalu kita kelompokkan menjadi dua bagian
seperti berikut  , kita lihat
yang di tengah-tengah adalah 7, maka itulah Kuartil keduanya, atau
Kemudian kelompok kiri dan kanan kita lihat berikut menentukan kuartil 1 dan kuartil 3 :
Contoh 2 : Tentukan  dari  3, 4, 4, 6, 5, 6, 7, 8, 5, 8, 9, 10
Jawab : Kita urutkan dahulu datanya menjadi :
3, 4, 4, 5, 5, 6, 6, 7, 8, 8, 9, 10 lalu kita kelompokkan menjadi empat bagian sebagai berikut :
  • Jika data disajikan dalam bentuk Data Tunggal Berfrekuensi
Contoh 1 : Tentukan  dari tabel berikut :
Tabel 1
Nilaif
41
52
64
73
82
Jawab : Tentukan terlebih dahulu frekuensi kumulatif sebagai berikut
Tabel 2
Nilaif∑f
411
521+2=3
643+4=7
737+3=10
8210+2=12
Jadi jumlah frekuensi (atau jumlah data) ada n=12,
 ditentukan dahulu karena menentukan yang tengah-tengah paling mudah, dan tengah-tengah dari 12 data terletak antara data ke-6 dan ke-7 seperti nampak pada visualisasi berikut :
Dengan melihat tabel 2, kita tahu bahwa data ke-6 adalah 6 dan data ke-7 juga 6, sehingga
.
Secara umum, mencari nilai Q1, Q2, dan Q3 adalah dengan cara memandang jumlah data secara kontinu atau dipandang seperti sebuah garis lurus, misalnya sebagai berikut untuk contoh diatas :

  • Jika data disajikan dalam bentuk Data Berkelompok 
Data berkelompok adalah penyajian data dalam tampilan interval-interval (kelas).
Contoh :
Intervalf∑f
5 – 822
9 – 1246
13 – 16511
17 – 20314
Dari tabel di atas, kita peroleh :
Banyak interval ada 4, yaitu 5 – 8, 9 – 12, 13 – 16, 17 – 20 ;
Panjang masing-masing kelas (interval), c = (8 – 5) + 1 = 4 ;
Banyak data, n=∑f=14 ;
Tepi bawah masing-masing interval didefinisikan dengan batas bawah dikurangi 0,5, dan tepi atas didefinisikan dengan batas atas ditambah 0,5. Tepi bawah masing-masing interval adalah : 4,5 ; 8,5 ; 12,5 ; 16,5 . Tepi atas masing-masing interval adalah : 8,5 ; 12,5 ; 16,5 ; 20,5.
Karena median (Q2) terletak di tengah-tengah, maka merupakan data ke-n/2=data ke-14/2=7. Dengan melihat tabel, data ke-7 terletak pada interval ketiga, yang tepi bawahnya, B=12,5.
Kuartil kedua (Q2) dinyatakan dengan formulasi :
Dengan  adalah frekuensi kumulatif sebelum kelas yang memuat Q2 (dalam contoh ini kelas median adalah kelas ketiga), jadi  = 6 ;
dan f adalah frekuensi kelas median, yaitu f = 5.

23 komentar:

  1. Terima kasih pak...
    Riffa Yudika 8d

    BalasHapus
  2. Trima kasih pak
    ayu maharani 8d

    BalasHapus
  3. Terimakasih pak
    Siti astiya zulfa 8D

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Trimakasih pak
    Neza agnesia 8D

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas materinya pak
    Dewinta 8f

    BalasHapus

LATIHAN PAS SEMESTER GANJIL

  Soal 1 Hari/ Tanggal : Jumat,26 November 2021  Kelas              : 8A,8B,8C,8D,8E  Materi            :  Latihan pas semester ganjil KOMPE...