Hari/Tanggal: Senin/27 April 2020
Kelas : 8D-8F
PAHAMI PEMBAHASAN MATERI BERIKUT LALU BUAT RANGKUMAN MATERINYA, KERJAKAN DI BUKU LATIHAN, DIBERI NAMA, KELAS DAN TANDA TANGAN ORANG TUA. DIFOTO DAN DIKIRIM KE WHATSAPP : 082280107255, PALING LAMBAT PUKUL 15.30 HARI INI.
Kuartil
Kita bedakan cara pencarian Kuartil dalam tiga cara menurut penyajian datanya sebagai berikut :
- Jika data disajikan dalam bentuk Data Tunggal Tak Berfrekuensi
Jawab : Kita urutkan dahulu datanya menjadi :
4, 5, 5, 6, 7, 7, 8, 9, 10 lalu kita kelompokkan menjadi dua bagian
Kemudian kelompok kiri dan kanan kita lihat berikut menentukan kuartil 1 dan kuartil 3 :
Jawab : Kita urutkan dahulu datanya menjadi :
3, 4, 4, 5, 5, 6, 6, 7, 8, 8, 9, 10 lalu kita kelompokkan menjadi empat bagian sebagai berikut :
- Jika data disajikan dalam bentuk Data Tunggal Berfrekuensi
Tabel 1
Nilai | f |
4 | 1 |
5 | 2 |
6 | 4 |
7 | 3 |
8 | 2 |
Jawab : Tentukan terlebih dahulu frekuensi kumulatif sebagai berikut
Tabel 2
Nilai | f | ∑f |
4 | 1 | 1 |
5 | 2 | 1+2=3 |
6 | 4 | 3+4=7 |
7 | 3 | 7+3=10 |
8 | 2 | 10+2=12 |
Jadi jumlah frekuensi (atau jumlah data) ada n=12,
ditentukan dahulu karena menentukan yang tengah-tengah paling mudah, dan tengah-tengah dari 12 data terletak antara data ke-6 dan ke-7 seperti nampak pada visualisasi berikut :
Dengan melihat tabel 2, kita tahu bahwa data ke-6 adalah 6 dan data ke-7 juga 6, sehingga
Secara umum, mencari nilai Q1, Q2, dan Q3 adalah dengan cara memandang jumlah data secara kontinu atau dipandang seperti sebuah garis lurus, misalnya sebagai berikut untuk contoh diatas :
- Jika data disajikan dalam bentuk Data Berkelompok
Data berkelompok adalah penyajian data dalam tampilan interval-interval (kelas).
Contoh :
Interval | f | ∑f |
5 – 8 | 2 | 2 |
9 – 12 | 4 | 6 |
13 – 16 | 5 | 11 |
17 – 20 | 3 | 14 |
Dari tabel di atas, kita peroleh :
Banyak interval ada 4, yaitu 5 – 8, 9 – 12, 13 – 16, 17 – 20 ;
Panjang masing-masing kelas (interval), c = (8 – 5) + 1 = 4 ;
Banyak data, n=∑f=14 ;
Tepi bawah masing-masing interval didefinisikan dengan batas bawah dikurangi 0,5, dan tepi atas didefinisikan dengan batas atas ditambah 0,5. Tepi bawah masing-masing interval adalah : 4,5 ; 8,5 ; 12,5 ; 16,5 . Tepi atas masing-masing interval adalah : 8,5 ; 12,5 ; 16,5 ; 20,5.
Karena median (Q2) terletak di tengah-tengah, maka merupakan data ke-n/2=data ke-14/2=7. Dengan melihat tabel, data ke-7 terletak pada interval ketiga, yang tepi bawahnya, B=12,5.
Kuartil kedua (Q2) dinyatakan dengan formulasi :
Dengan adalah frekuensi kumulatif sebelum kelas yang memuat Q2 (dalam contoh ini kelas median adalah kelas ketiga), jadi = 6 ;
dan f adalah frekuensi kelas median, yaitu f = 5.
Terima kasih pak
BalasHapusAina8e
Trimakasi pak
BalasHapusKlara 8e
Terima kasih pak
BalasHapusAnnisa 8E
Terima kasih pak
BalasHapusMelda 8E
terimakasih pak
BalasHapusMakasih pak
BalasHapusM.Rafi 8e
terimakasih pak
BalasHapus—farida 8e
Makasih Pak
BalasHapus~Rifki Yudika 8D
Terima kasih pak...
BalasHapusRiffa Yudika 8d
trimakasih pak
BalasHapusadara elma 8d
Trimaksih pak
BalasHapusBalqis 8e
Terimakasih pak
BalasHapusLaudy 8e
Trima kasih pak
BalasHapusayu maharani 8d
Trm ksh pak athallah rafif 8e
BalasHapusTerimakasih pak
BalasHapusSiti astiya zulfa 8D
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTrimakasih pak
BalasHapusNeza agnesia 8D
Terimakasih pak
BalasHapusSalsa 8e
Terima kasih atas materinya pak
BalasHapusDewinta 8f
Terimakasih pak
BalasHapusDzakwan Richy 8D
Terima kasih pak
BalasHapusBunga 8F
Terima kasih pak
BalasHapusBunga 8F
Terimakasih pak
BalasHapusDagista 8f