HARI/TANGGAL;JUMAT/8 JANUARI 2021
KELAS :8D DAN 8E
PAHAMI MATERI BERIKUT DAN KERJAKAN TUGAS EVALUASI MANDIRI 1 HAL.164 NO.1A,1C,1D,2A,3A,4, DAN EVALUASI MANDIRI 2 HAL 167 NO.1A,1B,1C KIRIM KE WA;082280107255.BERIKAN KOMENTAR MELALUI BLOGGER MAUPUN SIMASKOT.SELAMAT BELAJAR.
KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN TEOREMA PYTHAGORAS
Dalil Pythagoras
Seorang nakhoda kapal melihat puncak mercusuar yang berjarak 80 meter dari kapal. Jika diketahui tinggi mercusuar adalah 60 meter dari permukaan laut, dapatkah kalian menentukan jarak nakhoda dari puncak mercusuar tersebut?
Persoalan di atas dapat kita hitung dengan menggunakan prinsip segitiga siku-siku. Jika panjang dua sisi segitiga siku-siku kita ketahui, maka sisi yang lain dapat kita tentukan. Caranya adalah dengan menggunakan dalil Pythagoras.
A. Pengertian Dalil Pythagoras
Dalam dalil Phytagoras melibatkan bilangan kuadrat dan akar kuadrat dalam sebuah segitiga.
Dalil Pythagoras adalah istilah lain dari teorema pythgoras yaitu bahwa sisi miring atau sisi terpanjang pada segitiga siku – siku sama dengan jumlah kuadrat sisi – sisi lainnya.
Oleh karena itu, sebelum membahas lebih jauh dalil Pythagoras, marilah kita mengingat kembali materi kuadrat bilangan, akar kuadrat bilangan, luas daerah persegi, dan luas daerah segitiga siku-siku.
1. Kuadrat dan Akar Kuadrat Bilangan
Masih ingatkah kalian bagaimana menentukan kuadrat dari suatu bilangan?
Untuk menentukan kuadrat dari suatu bilangan adalah dengan cara mengalikan bilangan tersebut dengan dirinya sendiri.
Perhatikan contoh soal berikut ini
1.Tentukan kuadrat dari
a.5 b.(-4)
Jawab:
a.( 5)2=5 x 5 =25 b.(-4)2= (-4) x (-4) =16
2.Tentukan akar dari
a.16
Jawab: v 16 = 4
Kebalikan dari kuadarat suatu bilangan adalah akar kuadrat. Misalkan, bilangan p yang tak negatif diperoleh p2 = 16. Maka bilangan p dapat ditentukan dengan menarik √16 menjadi p = √16. Bilangan p yang diinginkan adalah 4 karena 42 = 4 × 4 = 16. Bilangan p = 4 dinamakan akar kuadrat dari bilangan 16.
Jadi, akar kuadrat suatu bilangan adalah bilangan tak negatif yang apabila dikuadratkan akan menghasilkan bilangan yang sama dengan bilangan semula.
Masih ingatkah kalian cara menentukan luas bangun datar persegi?
Luas persegi dapat ditentukan dengan cara mengalikan sisi-sisinya.
Jika sisi sebuah persegi adalah s maka luasnya dapat dituliskan sebagai berikut.
L = s × s = s2
Perhatikan Contoh Soal Berikut!
Hitunglah luas persegi yang panjang sisinya 6 cm
Jawab: Panjang sisi 6 cm maka s=6cm
L= s x s = 6 x 6 = 36 cm2
3. Luas Daerah Segitiga
Kalian tentu sudah mempelajari cara menghitung luas dan keliling segitiga. Pada pembahasan ini kalian akan mempelajari hubungan antara luas segitiga dengan luas persegi panjang.
Dari persegi panjang tersebut kita memperoleh dua buah segitiga, yaitu ΔPQR dan ΔPSR. Luas ΔPQR = luas daerah ΔPSR.
Hal ini menunjukkan bahwa:
Luas ΔPQR = ½ × luas PQRS
= ½ × panjang PQ × panjang QR
= ½ × alas × tinggi
Jadi, luas segitiga dirumuskan:
L = ½ × a × t
Keterangan:
a = alas segitiga, dan
t = tinggi segitiga
Perhatikan contoh soal berikut!
Hitunglah luas segitiga jika diketahui alasnya 9 cm dan tingginya 6 cm.
Jawab: L = 1/2 x a x t = 1/2 x 9 x 6 = 27 cm2
B. Pembuktian Dalil Pythagoras
Luas persegi dan segitiga yang dibahas di atas dapat digunakan untuk menenemukan dalil Pythagoras.
Untuk menemukan dalil Pythagoras lakukanlah kegiatan berikut ini!
Berdasarkan kegiatan di atas kalian akan memperoleh sifat segitiga siku-siku, yaitu pada setiap segitiga siku-siku, kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi siku-sikunya. Sifat inilah yang kemudian dikenal dengan dalil Pythagoras.
Jadi, jika ABC adalah sembarang segitiga siku-siku dengan panjang sisi siku-siku a dan b serta panjang sisi miring c maka berlaku hubungan sebagai berikut:
c2 = a2 + b2
C. Penerapan Dalil Pythagoras
Dengan menggunakan dalil Pythagoras, kalian dapat menentukan panjang salah satu sisi segitiga siku-siku jika diketahui dua sisi yang lainnya.
Selain itu, dalil ini dapat digunakan juga untuk menentukan jenis segitiga dengan membandingkan kuadrat sisi miringnya dengan jumlah kuadrat sisi siku-sikunya.
Untuk lebih jelasnya, penerapan dalil Pythagoras dapat digunakan untuk hal-hal berikut ini:
- Menghitung panjang salah satu sisi segitiga siku-siku
- Menentukan jenis segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya
- Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga khusus
- Menentukan panjang diagonal sisi dan diagonal ruang kubus
Penjelasan lebih lengkap untuk penerapan dalil pythagoras adalah;
1. Menghitung Panjang Salah Satu Sisi Segitiga Siku-Siku
Pada sebuah segitiga siku-siku, jika dua buah sisinya diketahui maka salah satu sisinya dapat dicari dengan menggunakan dalil Pythagoras.
Perhatikan contoh soal berikut ini!
Diketahui segitiga siku-siku ABC dengan siku-siku di B yang digambarkan sebagai berikut:
Tentukan panjang sisi miring AC pada gambar di atas!
Jawab:
Sebab segitiga di atas adalah segitiga siku-siku, maka berlaku rumus Phytagoras seperti betikut ini:
AC² = AB² + BC²
AC² = 8² + 6²
AC² = 64 + 36
AC² = 100
AC = √100
AC = 10
Sehingga, panjang sisi AC dalam segitiga siku-siku tersebut yaitu 10 cm.
Soal 2.
Suatu segitiga siku-siku KLM dengan siku-siku di L digambarkan seperti di bawah ini:
Tentukan panjang sisi KL pada gambar di atas!
Jawab:
Sebab, segitiga di atas adalah segitiga siku-siku, maka berlaku rumus Phytagoras seperti berikut ini:
KM² = KL² + LM²
KL² = KM² – LM²
KL² = 13² – 12²
KL² = 169 – 144
KL² = 25
KL = √25
KL = 5
Sehingga, panjang sisi KL dalam segitiga siku-siku di atas yaitu 5 cm.
Soal 3.
Diketahui segitiga siku-siku DEF dengan siku-siku di E digambarkan seperti di bawah ini:
Tentukan panjang sisi DE pada gambar di atas!
Jawab:
Sebab segitiga DEF di atas merupakan segitiga siku-siku, maka berlaku rumus Phytagoras seperti di bawah ini:
DF² = DE² + EF²
DE² = DF² – EF²
DE² = 15² – 9²
DE² = 225 – 81
DE² = 144
DE = √144
DE = 12
Sehingga, panjang sisi DE pada segitiga siku-siku di atas yaitu 12 cm.
Soal 4.
Diketahui segitiga siku-siku ABC dengan siku-siku berada di B. Apabila panjang sisi AB = 16 cm serta Panjang sisi BC = 12 cm.
Maka hitunglah panjang sisi AC pada segitoga di atas!
Jawab:
Dari soal di atas bisa kiat gambarkan sebuah segitiga siku-siku seperti berikut ini:
Sebab segitiga di atas adalah segitiga siku-siku, maka berlaku rumus Phytagoras seperti di bawah ini:
Sehingga, panjang sisi AC pada segitiga siku-siku ABC dalam soal di atas yaitu 20 cmc² = a² + b²
c² = 12² + 16²
c² = 144 + 256
c² = 400
c = √400
c = 20
assalamualaikum pak, terimakasih tugasnya
BalasHapusAlfarin Azzura 8G
Assalamualaikum pak terimakasih tugas nya
BalasHapusAulia Pitri Nasution 8f hadir
assalamualaikum pak,terimakasih tugasnya
BalasHapusbintang mutiara 8g
Assalamualaikum pak,terimakasih atas materi dan tugasnya pak
BalasHapus-refeka ksatria panatagama 8f
Assalamualaikum pak,terima kasih atas tugasnya
BalasHapus-samamtha 8G
Assalamualaikum pak terimakasih Tugasnya
BalasHapusFatiha Arta 8G
Asslamualaikum pak terima kasih agas materinya -aliani 8f
BalasHapusAssalamualaikum pak terimakasih atas materi pembelajarannya
BalasHapus-fasawwa hunna 8G
Assalamu'alaikum pak terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapusReihan abiyoza 8G
Assalamu'alaikum pak terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapusTegar assharul 8F
Asalamualaikum pak terimaksih atas tugasnya
BalasHapusAmmar 8F
Assalamu'alaikum pak terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapus-Muhammad rafli 8f
Assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusKhezya Ayunda 8f
Assalamualaikum pak, terimakasih atas materinya -radithya
BalasHapusAssalamualaikum pak terima kasih atas tugas nya
BalasHapusGamma Bramulya A 8
8F
HapusTerima kasih pak atas materinya
BalasHapusDafa 8f
Asslamualaikum pak
BalasHapusAbizar Yusuf Alamsyah 8F
Terimakasih pak atas materinya Nabiel 8G
BalasHapusAssalamualaikum wr wb terimakasih pak atas materinya bisma 8G
BalasHapusAssalamualaikum pak terimakasi tugas dan materi nya
BalasHapusRizky dion 8f
Assalamu'alaikum pak terimakasih atas materinya
BalasHapusDheaAgustina 8G
Terimakasih pak atas tugas dan materinya...
BalasHapus-winda8F
assalamualaikum pak terimakasih ats tugasnya
BalasHapus-tania 8G
Assalamualaikum pak terima kasih atas materi dan tugasnya.
BalasHapusSavira Ramadhani 8G.
Assalamualaikum Terima kasih atas tugas nya raffydwirahman kls 8f
BalasHapusAssalamualaikum pak, trimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-syafa suci 8G
assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugas nya
BalasHapus- annika nisrina 8f
assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugas nya
BalasHapusDian frizca 8G
~Irsyad 8G
BalasHapusOk Pak
Assalamualaikum pak,terima kasih
BalasHapusArissa 8F
Assalamualaikum pak trimakasih atas tugasnya
BalasHapus-Natasya 8 G
Assalamualaikum pak terima kasih atas tugasnya
BalasHapusNabila 8F
Assalamualaikum. Terimakasih pak atas tugass dan materi yang disampaikan
BalasHapus-scania 8f
Assalamu'alaikum pak,terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusAkilla 8F
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh pak
BalasHapusOke terimakasih atas tugas nya 🙏🏻
-anisa putri8d
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
assalamualaikum pak, terimakasih ataz materi dan tugasnya
BalasHapus-anggi anggraini 8D
assalamualaikum pak, terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapus-s.r.azizah 8`d
Assalamualaikum terimakasih pak atas materi dan tugasnya
BalasHapus-atika ghaisani 8d
Assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-Naufal 8d
assalamualaikum pak, trimakasih atas tugas nya
BalasHapus-arinda siska aulia 8E
Assalamualaikum pak terima kasih atas tugasnya
BalasHapusFarel
8E
assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapusraisyah kamila 8d
assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapus–nilam septia 8d
assalamualaikum pak terimakasih pak tugas dan materinya
BalasHapusferlina 8e
Assalamu'alaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapus( ALDI ARDIANOLD PUTRA 8D)
Assalamualaikum pak terimakasih tugasnya
BalasHapus-Dava Abi Al corrin 8E
Assalamualaikum, terimakasih atas tugas dan materinya pak.
BalasHapusNayla Auriel Iryansyah 8E
Assalamualaikum, terimakasih atas tugas dan materinya pak
BalasHapusRidho tri islando 8D
Assalamu'alaikum, terimakasih pak
BalasHapus-Raisyah 8E
assalamualaikum terimakasih atas tugas dan materinya pak
BalasHapus-wijayanti lestari 8d
assalamualaikum pak, terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapus-Desty Auliya Utami 8D
Assalamualaikum pak terimakasih materinya-aline 8e
BalasHapusAssalamualaikum pak terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapus-rajwaqiqa 8E
Assalamualaikum pak trimksi Ats tugas ny
BalasHapusRizky Jaka 8d
Assalamualaikum, terima kasih pak materinya
BalasHapus-Vakhroh Ardelia 8E
Assamualaikum, terimakasih materi ny
BalasHapus-Natahsya murtadho 8E
assalamualaikum pak, terimakasih untuk materi dan tugas nya
BalasHapus•Amanda Wahyuni 8D
Assalamu'alaikum pak terimakasih atas materi dan tugas nya pak
BalasHapus~Rm. Adam Alfarez (8E)
Assalamualaikum pak, terimakasih
BalasHapus- mas Naufal Najib 8E
BalasHapusAssalamu'alaikum pak terimakasih atas materi dan tugas nya pak
Naura Indira 8e
assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus- vallerie Kishi 8f
Assalamualaikum pak,terimkash atas materi dan tugasnya
BalasHapus-fayi gusri kirana 8D
Assalamualaikum pak, terimakasih atas tugas dan materi nya
BalasHapus-alifia sabrina 8d
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Syukron pak atas materi dan tugas nya🙏
BalasHapus-jihankhairunnisa8E
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-yoga Ardiansyah 8d